BIOGRAFI IMAM ABU HASAN AL-ASY'ARIE (1)

Written By Unknown on Senin, 02 April 2012 | 07.00

  1. Kelahiran dan Nama beliau
Imam Al Asy’ari lahir di kota Bashrah pada tahun 260H/873M. beliau lahir dan tumbuh dalam lingkungan faham Ahlus-sunnah waljama’ah. Ayahnya Ismail adalah seorang ulama ahli hadits yang menganut faham Ahlus-sunnah waljama’ah, hal ini terbukti bahwa ketika Ismail menjelang wafat dia berwasiat agar Al-Asy’ari di asuh oleh Al Imam Al-Hafizh Zakaria bin yahya As-Saji (285H), pakar hadits dan fiqih madzhab syafi’i yang sangat terkenal di kota Bashrah.
Pada masa kecilnya Al Asy’ari selain berguru kepada As-Saji beliau juga menimba ilmu kepada ulama-ulama Ahli hadits yang lain seperti Abdurrahman bin khalaf Al Dhabbi, Sahal bin Nuh Al Bashri, Muhammad bin Yaqub Al Maqburi dan lain lain. Beliau lahir dengan keadaan kedua orang tuanya yang sudag sangat tua,setelah ayahnya meninggal dunia, maka keluarganya melaksanakan wasiat dari ayahnya untuk menyerahkan tanggung-jawab pendidikannya kepada imam zakariya bin yahya as-sajy. Hanya saja setelah beliau berusia 10 tahun ada unsur asing yang sangat berpengaruh dan bahkan mengubah jalan hidupnya, yaitu kehadiran Abu Ali Aljubai-Tokoh Mutazilah terkemuka di kota bashrah, dalam keluarganya yang menjadi ayah tiri dengan menikahi ibunya dan kemudian mengarahkan Al Asy’ari menjadi penganut Mutazilah hinga berusia 40 tahun.
 
Nama lengkap beliau adalah Ali bin ismail bin abi bisyir ishaq bin Salim bin Ismail bin abdullah bin musa bin Bilal bin Abi burdah Amir bin sahabat rosululloh Abu musa Abdullah bin Qais Al Asy’ari RA. Nama Asy’ari merupakan nisbat terhadap Asy’ar nama seorang laki-laki dari suku qathan yang kemudian menjadi nama suku dan tinggal di Yaman. Dari suku Asy’ar ini lahir seorang sahabat terkemuka terkenal sangat Alim sehingga termasuk salah salah satu Fuqoha di kalangan sahabat nabi Saw yaitu Abu Musa abdullah bin Qais Al-Asy’ari yang di lahirkan pada 22 tahun pra Hijrah dan wafat tahun 44 H/665M.

NANTIKAN KELANJUTANNYA...........HANYA DI IKATAFA..................

0 komentar:

 
berita unik